Skip navigation

Ada suatu milis yang sangat membantuku dalam mencari beasiswa hingga mendapatkan beasiswa DAAD, yaitu milis beasiswa (http://groups.yahoo.com/group/beasiswa/). Dari sana kuperoleh informasi beasiswa di luar negeri, juga tips untuk membuat statement of purpose, test bahasa (TOEFL, IELTS, TestDAF, DSH, dll), test kemampuan (TPA, GMAT, GRE, dll), dll.

Saranku: Gabung milis ini!

Milis ini awalnya dibuat tahun 2000 oleh beberapa orang yang berhasil memperoleh beasiswa ke Amerika Serikat. Kemudian pengurus milis bertambah dengan orang-orang yang pernah mendapat beasiswa ke negara lain: Eropa, Jepang, Australia, dll.

Pada awal milis ini dibuat, jumlah anggota sedikit. Moderator ketat menerapkan aturan. Pertanyaan bodoh tidak akan lolos milis. Beberapa emailku tidak lolos milis. Seiring waktu, moderator lama berganti moderator baru dan peserta milis bertambah jadi ribuan orang. Pertanyaan bodoh bisa lolos milis. Milis jadi sering banjir pertanyaan. Bukan moderator yang menyaring pertanyaan bodoh sekarang melainkan pembaca. Beberapa pertanyaan bodoh kuhapus.

Pada awal milis ini dibuat, komputer masih berupa PC dan memiliki mobilitas rendah. Laptop masih mahal dan telpon genggam masih jadi barang mewah di kampusku di Bandung. Kini laptop dimiliki oleh banyak mahasiswa dan telpon genggam yang dimiliki kebanyakan mahasiswa/i sudah memiliki fasilitas internet. Rata-rata orang membeli smartphone di tahun ini. Di zaman awal milis, orang mengetik email dengan keyboard yang besar dan nyaman untuk menulis cukup panjang. Kini orang mengetik dengan smartphone yang tombolnya kecil dan tidak nyaman untuk menulis panjang. Budaya singkatan SMS dipindah ke email. Milis beasiswa jadi bisa berisi email pendek dengan bahasa SMS. Selain singkatan SMS, ada evolusi bahasa smartphone, yaitu bahasa alay. Ini lebih pusing lagi.

Zaman sudah berganti, milis ini masih memberikan informasimenarik mengenai beasiswa. Memang ada beberapa “noise”, yaitu pertanyaan bodoh dan tulisan alay. Tapi selalu ada info berguna yang bisa kudapat. Jadi aku tetap mengikuti milis ini. Mungkin 5 tahun lagi, aku berminat melanjutkan studi doktoral dan milis ini masih berguna buatku.

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: