Skip navigation

November 2011, Aku mendapat Wohnung (apartemen) di daerah Gostenhof, di Nürnberg. Gostenhof terbentang dari Plärrer hingga Maximilianstraße. Kalau aku ingin berangkat kerja, aku harus mengambil angkot di salah satu dari kedua halte tersebut. Gostenhof sering disebut dengan “Gostanbul” atau “GoHo”.

Gostanbul adalah sebutan Gostenhof karena banyaknya orang Turki dan keturunannya di daerah ini. Sering disebut juga sebagai “Klein-Kreuzberg”. Kreuzberg adalah wilayah ghetto di Berlin yang sepertiga penduduknya berasal dari Turki.

Di wilayah ini juga terdapat Wohnung murah untuk keluarga miskin yang dikelola oleh WBG. Karena banyak orang Turki berasal dari kelas sosial bawah lalu pengangguran serta keluarga miskin sudah pasti berasal di kelas yang sama, Gostanbul adalah Bronx di Nürnberg.

Gostenhof sering juga disebut sebagai GoHo. Sebutan GoHo untuk menyandingkan Gostenhof dengan SoHo di Lower Manhanttan, New York, USA dan SoHo di Westminster, London, UK. SoHo di Manhanttan terkenal sebagai tempat nongkrong seniman dan teater (wiki: en & de). SoHo di Westminster terkenal sebagai tempat kehidupan malam (wiki: en & de). GoHo dan kedua Soho memiliki kemiripan. Ketiganya adalah tempat multikultural, seniman berkumpul, kafe, bar, restoran, teater, dll. Ada poster yang bertulis “GoHo is bunt” yang artinya GoHo itu warna-warni. Toko dan butik di kedua SoHo juga penuh ragam warna. OK, red light district (tempat prostitusi) juga ada di ketiga tempat tersebut. Di ujung Gostenhof, ada Plärrer. Di situ ada red light district di balik tembok kota lama (Altstadt) di gerbang terdekat.

Gostenhof juga terkenal sebagai wilayah kiri di Nürnberg. Ada tulisan “Gostenhof bleibt links!”, yang artinya “Gostenhof tetap kiri!”. Kiri di sini maksudnya adalah kiri secara politik. Partai sosialis seperti SPD dan die Linke, serta Partai Hijau (Grünen) biasanya menambang suara dari wilayah ini dalam pemilu. Orang miskin dan kelas sosial bawah di Eropa memang cenderung memilih partai kiri. Seniman juga cenderung memilih partai kiri.

Entah berapa lama, aku akan tinggal di wohnung ini. Aku menanti musim panas di Nürnberg untuk menikmati kafe dan Biergarten di wilayah Gostenhof ini. Banyak restoran segala bangsa dan warung kebab  yang belum kucoba di daerah ini.

 

Nürnberg, 22 Januari 2012,

iscab.saptocondro

***

Untuk wilayah lain di Nürnberg, silahkan lihat di sini.

***

Untuk tahu seperti apa Gostanbul, bisa dengar lagu Gostanbul 429.  Videonya bisa dilihat di siniGostanbul 429 berarti Gostenhof di daerah berkode pos 90429, yaitu kode pos rumahku di Denisstraße.

Untuk tahu, seperti apa orang-orang yang tinggal di Gostanbul 429 dan juga bentuk gedungnya, bisa lihat video ini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: