Skip navigation

Reaksi eksoterm adalah suatu reaksi yang mengeluarkan energi, biasanya kalor. Menurut wikipedia, eksotermik berarti suatu transformasi melepaskan energi ke lingkungan.

Pada beberapa perjalanan ke kota-kota di Jerman, ketika musim salju, aku mengamati suatu contoh reaksi eksoterm. Tahi anjing yang dijatuhkan di atas salju, Plup!, bisa melelehkan salju. Dari pengamatan ini, aku menyadari bahwa tahi anjing bersifat eksoterm. Ada reaksi kimia pada tahi yang melepaskan kalor ke salju.

Pada tahi terdapat banyak bakteri yang terlibat dalam reaksi kimia yang mengubah suatu senyawa organik pada tahi menjadi senyawa anorganik, atau menjadi senyawa organik yang lebih kecil. Biasanya reaksi ini melepaskan energi.

Tahi juga menghasilkan gas metana. Gas ini merupakan gas rumah kaca. Gas ini bisa menahan kalor berada di sekitar tahi. Jadi salju di sekitar tahi meleleh cepat sedangkan yang jauh dari tahi anjing tersebut tidak meleleh.

Bagaimana bau gas metana tersebut? Mungkin Anda bisa mencoba mencium tahi anjing di atas salju tersebut. Dekati hidung Anda ke tahi anjing tersebut lalu hiruplah udara di sekitar tahi itu. Silahkan beri laporannya padaku, kalau sudah sukses menemukan aroma metana di antara aroma-aroma lain yang terkandung di sana.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: