Skip navigation

Dua minggu lalu, aku sempat datang ke embedded world 2012 di Nürnberg Messe. “El Padrino” di tempat kerjaku memberiku tiket.”El Jefe” juga bilang bahwa Beliau juga datang ke sana. Tapi aku tak bertemu dengannya. Tiket tersebut didapatkan dari Lauterbach karena grup di tempat kerjaku menggunakan produknya, yaitu Trace32 untuk men-debug program dalam ECU (electronic controller unit/Steuergerät/unit kendali elektronik).

Nürnberg Messe adalah tempat pameran di Nürnberg. Lokasinya di selatan kota ini. embedded world adalah kegiatan tahunan yang diadakan oleh Nürnberg Messe dalam menampilkan sistem benam. Pada pameran ini, terdapat banyak perusahaan yang bergiat di bidang embedded system (en, de, id).

Ini pertama kalinya aku pergi ke Nürnberg Messe. Biasanya aku pergi Cebit atau Hannover Messe, di Hannover, untuk pameran teknologi. Messe di Nürnberg lebih kecil daripada di Hannover. Tapi menurut Nürnberg Messe, jumlah stan bertambah tiap tahunnya sejak 2009.

Banyak hal yang menarik dari kunjunganku ke embedded world:

  1. Kebangkitan IPv6
    Pada tahun 2015, diperkirakan akan banyak perangkat mikro seperti sensor cerdas, pengendali cerdas, meteran cerdas, rumah cerdas, telpon genggam smartphone, dll yang saling terhubung menggunakan jaringan TCP/IP. Jumlahnya diprediksi sekitar 15 milyar perangkat. Satu rumah bisa saja menggunakan lampu, AC, kompor, kulkas, meteran listrik, dll yang masing-masing memiliki embedded system yang terhubung ke internet atau jaringan lokal TCP/IP. Kebutuhan akan alamat IP ini yang membuat IPv6 lebih menarik bila dibandingkan IPv4
  2. Embedded Cloud
    Beberapa perangkat seperti smart grid, smart sensor, dan smart meter biasanya ditaruh di tempat jauh. Para perangkat ini diperkirakan akan terhubung ke “cloud“. Banyak sistem benam lain yang akan terhubung ke awan ini. Jadi bakal banyak embedded system yang selain dijual dengan kata “cerdas” (smart/intelligent) akan dijual dengan kata “cloud-ready”. Kata “Plug-and-Play” tidak terlalu menarik lagi.
  3. Windows Embedded
    Microsoft dikatakan sebagai pemain baru dalam bidang embedded system/sistem benam di pameran ini. Di sini Microsoft memperkenalkan Windows Embedded Standard 8 (Intelligent Devices). Microsoft ingin masuk ke pasar smart grid dan smart metering.
    Apakah Microsoft pemain baru?
    Sebelumnya Microsoft juga memiliki Windows Embedded Standard 7 (Connected Devices). Di tempat kerja, aku juga memakai osiloskop Tektronix yang memiliki sistem operasi Windows. Perangkat genggamku juga menggunakan Windows Mobile. Jadi Microsoft tidak tiba-tiba saja masuk ke bisnis embedded tetapi ada proses persiapan sebelumnya.
  4. Tempat Makan
    Tempat makan di pameran alias kantin penuh dengan info lowongan kerja. Papan di sana ditempeli dengan info tersebut. Selain itu, head hunter dari berbagai perusahaan outsourcing atau engineering service berkeliaran di sana. Selain mencari makan, pengunjung juga bisa mencari kerja begitu juga head hunter mencari tenaga kerja.
  5. Model-Driven System Engineering
    Sekarang merancang sistem dan mengolah perangkat lunak bisa dilakukan hanya dengan menggunakan model. Software pada ECU kendaraan bermotor tidak perlu diprogram dengan bahasa tingkat rendah seperti assembly language tetapi bisa dengan bermain model pada MATLAB Simulink. Bahasa tingkat tinggi seperti C/C++ dan VHDL bisa digantikan dengan diagram blok pada MATLAB Simulink dalam merancang sistem benam. Beberapa perusahaan bersaing di bidang ini dengan bermacam perangkat keras dan lunak: National Instrument, Lauterbach, ETAS, Mathwork, dSPACE, dll.
  6. Alat pembuat PCB mini
    Alat pembuat PCB hanya setinggi 1 hingga 1,5 meter, dengan panjang dan lebar masing-masing setengah meter. PCB yang dihasilkan bisa beberapa layer dan bisa memiliki through-hole. Universitas mungkin cocok untuk membeli alat seperti ini. Untuk produksi massal, alat ini tidak cocok. Tahun lalu, ada penelitian tentang alat portabel untuk fabrikasi IC yang bisa membebaskan kita dari kebutuhan akan kamar bersih (clean room). Sayang sekali alat seperti ini tak kulihat di pameran ini. Semoga tahun depan, ada alat mini dan portabel untuk fabrikasi IC.
  7. Satelit Mini
    Pada pameran ini, aku menggenggam satelit inderaja (penginderaan jarak jauh) yang ukurannya sebesar batu bata. Satelit ini akan dilontarkan dengan jumlah massal di luar angkasa. Satelit dilengkapi dengan kamera dan sensor lainnya sesuai kebutuhan. Selain itu, satelit ini bisa berkomunikasi dengan satelit lainnya. Kecerdasan buatan digabung dengan kemampuan komunikasi, kedengarannya seperti swarm robotic.
    Sebetulnya tahun lalu, aku pernah membaca tentang satelit berukuran mikro. Ukurannya tidak lebih dari 4×4 cm persegi. Berbagai ukuran satelit dapat dilihat di sini.

Semoga tahun depan, aku bisa pergi ke acara seperti ini lagi.

 

Nürnberg, 18 Maret 2012

iscab.saptocondro

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: