Skip navigation

Kini kumulai catatan perjalanan kursus geol mujaer. Beberapa temanku bertanya-tanya mengenai perjalanan ini. Apa yang melatarbelakangi perjalanan ini?

Dalam tradisi Yahudi, setelah 6 tahun hidup seperti biasa, ada 1 tahun yang diberikan untuk Tuhan. Tahun ini disebut tahun penghapusan utang (Ulangan 15:1-2, wiki:id,en). Nah, setelah merasakan 6 tahun tinggal di Jerman menjadi Bang Thoyib, kurasa pada tahun ketujuh, aku harus mudik ke tanah kelahiranku.

Tanah kelahiranku bukan Yerusalem di Israel, melainkan kota Bandung yang katanya bermartabat di Indonesia. Sewaktu masih muda, Bandung tidak bermartabat tetapi berhiber. Hiber artinya terbang dalam bahasa Sunda. Jadi diharapkan bagi orang Bandung untuk hiber alias terbang seperti manuk dadali (burung dari keluarga elang Jawa, yang merepresentasikan Burung Garuda). Walaupun aku sudah pernah belajar Yoga, tetapi aku masih belum bisa terbang. Akan tetapi aku sudah merasakan terbang dengan pesawat untuk merantau ke negeri seberang.

Di tahun 2007, ketika Ayu Ting Ting masih berumur 17 tahun, dia mencoba masuk industri musik. Dia bertemu dengan musisi dugem terkenal di Bandung, namanya Barakatak. Band ini biasanya membawakan house music dengan nuansa Sunda dan dangdut Priangan. Nah, pertemuan ini menghasilkan satu single bernama “Geol Ajeb-ajeb”. Dalam liriknya terdapat kata “geol mujaer”.

Nah, pada tahun ketujuh, kupersembahkan tahun ini untuk Tuhan. Dalam agamaku, ada misteri iman yang harus kupercaya dan selalu diucapkan setiap kali mengikuti Perjamuan Kudus (1 Korintus 11 dan Yoh 6:53-57, wiki:id,en,de). Nah, makanya tahun ketujuh ini aku berusaha untuk mencari makna Misteri Geol Mujaer dalam lagu Geol Ajeb-ajeb tersebut. Apa itu geol mujaer?

Perjalanan kursus geol mujaer dimulai dengan suatu misteri. Selalu ada Tanda Tanya Agung yang menempel pada diriku. Dan sudah jadi fitrahku untuk berjuang menjawab setiap tanda tanya ini. Jadinya selain kerinduanku akan tanah kelahiranku, akar di mana aku berasal, aku pun tertarik untuk belajar geol mujaer tersebut.

Maka dimulailah perjalanan ini di awal bulan Juli 2012, dengan segenap harapan dan kerinduan.

***

Video ini menggambarkan akar dari geol mujaer dari Barakatak & Ayu Ting Ting

***

Nürnberg, 29 Juli 2012

iscab.saptocondro

3 Comments

  1. gw juga gak ngerti geol mujaer itu apa… gw kira baca blog elo dapat pencerahan.. malah makin bingung!

  2. Video Ayu Ting Ting – Geol Ajep Ajep / Geol Mujair, bisa dilihat di bawah


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: