Skip navigation

Posterous is dead.

Hari ini, kumelihat Posterous. Ada tulisan “Posterous is closing down on April 30, 2013”. Ini akibat terbunuh oleh burung yang galak. Burung ini bukan Angry Bird, melainkan Twitter.

Tahun 2011 dan 2012, aku mencoba Posterous untuk membuat tulisan yang ganda di blog-blogku di Blogspot dan WordPress. Posting terjadi sesuai kehendakku dengan optimal. Aku bisa membagi posting dengan asyik. Juga ke akun kicauan burungku.

Sejak 12 Maret 2012, Twitter mengakuisisi Posterous. Lalu terjadilah keanehan. Posting tidak bisa terbagi secara otomatis dengan apik. Ini mengingatkanku akan tulisan Pak Budi Rahardjo: “Dibeli untuk dimatikan?“. Beberapa perusahaan dibeli perusahaan yang lebih besar untuk dimatikan.

Kini caraku membuat posting blog harus kembali seperti dahulu. Tidak ada lagi auto-posting. Semua harus kulakukan secara manual. Kalau ingin auto-posting mungkin aku butuh waktu bulanan untuk mengembangkan aplikasi sendiri.

Belajar web programming buatku yang gaptek ini kaga gampang, lho. Aku kan harus kerja 40-60 jam seminggu demi sesuap nasi dan sepetak tanah serta selembar pakaian, yang termultiplikasi oleh koefisien anti-majas.

Belajar programming yang kaga ada urusannya sama kegiatan “mencangkul” itu butuh waktu luang. Padahal waktu yang terbatas ini juga kupakai untuk kegiatan jalan-jalan dan mencari jodoh.

Sebenarnya bisa aja aku melakukan semi-auto-posting menggunakan email. Atau kupakai IFTTT (if this then that), untuk pengganti auto-posting Posterous. Tapi ada beberapa hal yang harus kusesuaikan dulu, terutama masalah link yang keluar dan penampilan akhir. Kemungkinan IFTTT dibantai oleh perusahaan lain yang lebih besar tetap ada.

Apapun yang terjadi, aku harus membiasakan diri dengan teknologi yang ada. Aku akan tetap menulis karena aku terlahir untuk berbagi. Itulah Dharmaku yang tak bisa kutentang. Sampai jumpa di tulisan berikutnya.

 

Bremen, 26 Februari 2012

iscab.saptocondro

P.S. Gambar-gambar di blogku kemungkinan akan hilang seiring dengan kematian Posterous, pada Selasa Wage, 30 April 2013. 

4 Comments

  1. Wah, mudah-mudahan wordpress tetep hidup ya, hehehe


3 Trackbacks/Pingbacks

  1. […] pindah dari Posterous ke IFTTT adalah Posterous akan tutup. Twitter membelinya untuk dibunuh. Kisah Posterous yang akan tewas oleh burung galak sudah kuceritakan […]

  2. […] otomatis di blogspot dan wordpress. Hasilnya lumayan optimal sesuai kehendakku. Namun sayangnya Posterous dibunuh burung di akhir April tahun ini. Semenjak itulah, aku mulai menggunakan IFTTT, termasuk posting saat […]

  3. […] Posterous is killed by Twitter, pictures from my blog posts about standard 10-20 system are gone. The figures are […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: