Skip navigation

Otomatisasi adalah satu hal yang bikin penasaran. Hari ini, aku kecewa karena aku terkunci di luar oleh sistem otomatis. Namun aku juga penasaran dengan otomatisasi posting blog, tweet, link, dan seputarnya.

Ketika otomatisasi merugikan, rasanya benci setengah mati setengah hidup. Mengapa sistem otomatis ini tidak fleksibel? Tidakkah ada alternatif? Bagaimana memperbaikinya? Bagaimana mitigasi bencana? Bagaimana mengatasi kegagalan?

Ketika otomasi menguntungkan, aku tiba-tiba penuh decak kekaguman tanpa perlu menari kecak di atas becak. Wah, betul-betul canggih sistem ini! Tapi sebagai lulusan jurusan otomasi (Automation Engineering), tetap saja ada rasa penasaran. Bisakah sistem yang otomatis ini dibuat lebih canggih lagi, namun dapat digunakan secara sederhana?

Sebagai seorang ulama al handasah (pakar teknik), aku menganggap tidak ada sistem yang sempurna. Kesempurnaan menghilangkan ruang untuk perbaikan dan membunuh kreativitas. Ulama al handasah punya prinsip “Not perfect is good“, karena Sempurna itu milik Andra & The Backbone yang diwariskan kepada Gita Gutawa.  Akibat ketidaksempurnaan ini, secanggih-canggihnya sistem otomatis, masih ada pekerjaan engineer memperbaiki sistem ini.

Perjuangan mengotomatisasi belum berakhir.

 

Bremen, 16 Maret 2013

iscab.saptocondro

One Trackback/Pingback

  1. […] Akibat sistem otomatisasi hotline yang menyebalkan, juga kegagalan sistem otomatis pemindahan saluran DSL dari Nürnberg ke Bremen, dan ditambah terkunci oleh pintu otomatis, aku jadi benci dengan otomatisasi dan hal-hal yang serba otomatis. Namun kusadari kalau aku lulusan Automation Engineering, jadi membenci otomatisasi itu sama saja menyangkal diriku sendiri. Kemudian, kutumpahkan semua kekesalanku yang otomatis dalam tulisan “Otomatiscab“. […]

Leave a Reply

